Tutup Tahun, Tokopedia Luncurkan Fitur Donasi

Kiri-kanan: GM Resource Mobilization Dompet Dhuafa Urip Budiarto, Chief Development and Communication Officer YCAB Moni Rejeki, Vice President Tokopedia Melissa Siska Juminto, Partnership Director PKPU Andjar Radite, Kepala Bagian Ritel dan Unit Pengumpul Zakat Budi Setiawan dalam Press Briefing Peluncuran Fitur Donasi Tokopedia ‘TopDonasi’ di Jakarta (21/12/2016). (Foto : Ist)

JAKARTA (netralitas.com) - Tokopedia meluncurkan layanan baru yang ditujukan untuk memudahkan penggunanya melakukan donasi. Perusahaan e-commerce menyediakan dua jalur sekaligus untuk berdonasi, yaitu TopDonasi100 dan TopDonasiBebas.

“TopDonasi100 memungkinkan Toppers (pengguna Tokopedia, ed.) menyumbangkan Rp 100 setiap berbelanja. Akan ada checklist box yang bisa mereka klik ketika ingin melakukan pembayaran sekaligus mendonasikan Rp 100. Setiap tiga bulan, donasi yang terkumpul melalui Tokopedia akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan oleh sebuah lembaga kemanusiaan," ungkap Vice President Tokopedia Melissa Siska Juminto,  Rabu (21/12).

Menurut Melissa, selama 21 Desember 2016-21 Maret 2017, hasil dari TopDonasi100 akan digunakan oleh Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU untuk merenovasi sebuah sekolah di daerah Cilincing.

“Kondisi sekolah itu sungguh memprihatinkan. Siswa dan siswinya bahkan seringkali menahan buang air karena kondisi toilet yang tidak layak pakai. TopDonasiBebas ditujukan untuk mereka yang ingin berdonasi tanpa terlebih dahulu berbelanja,” terang Melissa.

Layanan ini memungkinkan siapa saja berdonasi melalui berbagai lembaga kemanusiaan yang bekerja sama dengan Tokopedia, antara lain Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Dompet Dhuafa dan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU. “Baik melalui lembaga mana maupun besaran donasi bebas ditentukan oleh si penyumbang,” tambah Melissa.

Tokopedia melalui Melissa berharap, layanan ini bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu sesama menciptakan peluang.

“TopDonasi merupakan wujud komitmen kami berkontribusi pada negeri, sekaligus media untuk mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia peduli pada sekitar. Menariknya, belajar dari penerapan fitur donasi secara temporer beberapa waktu lalu, animo masyarakat Indonesia untuk berdonasi ternyata sangat tinggi. Hal mulia inilah yang perlu secara konsisten difasilitasi. Jadi mari terus berbagi untuk sesama, dimulai dari Tokopedia,” puingkas Melissa.

Penulis : Murizal

BERITA TERKAIT

Komentar