CSR Sinar Mas Land 2017 Fokus di Tiga Bidang

Pendidikan yang baik akan membentuk generasi masa depan yang lebih baik, yang siap meneruskan dan meningkatkan pembangunan yang telah dicapai (Foto : ist)

 

BSD CITY (netralitas.com) - Sinar Mas Land (SML) melalui PT BSD Tbk., akan fokus melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) 2017 di bidang pendidikan, pengembangan komunitas, dan lingkungan. Sementara itu, program CSR SML pada  2016  memperoleh apresiasi dari berbagai kalangan. Apresiasi yang diejawantahkan dalam bentuk berbagai penghargaan (award), tersebut menunjukan keseriusan SML untuk turut bertanggung jawab dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

Menyikapi apresiasi dari berbagai pihak atas upaya program CSR yang dilaksanakan pada 2016,  Direktur PT BSDTbk- SML, Syukur Lawigena, mengatakan untuk tahun 2017, Sinar Mas Land tetap akan fokus kepada tiga bidang CSR, yaitu pendidikan, pengembangan komunitas, dan lingkungan.

“Ketiga bidang tersebut merupakan fokus utama kegiatan CSR Sinar Mas Land, karena pendidikan, lingkungan, dan pengembangan komunitas, merupakan persoalan vital. Bila dikelola dengan baik, maka perusahaan, masyarakat, dan lingkungan sekitar dapat tumbuh dan berkembang bersama,” ujar Syukur. 

“Pendidikan yang baik akan membentuk generasi masa depan yang lebih baik, yang siap meneruskan dan meningkatkan pembangunan yang telah dicapai. Tak kalah penting adalah pengembangan komunitas atau masyarakat, agar mereka bukan hanya menjadi obyek pembangunan, tetapi juga bisa menjadi pelaku sekaligus menikmati hasil dari pembangunan. Sedangkan fokus di bidang lingkungan dengan maksud menjamin keberlangsungan bumi sebagai tempat tinggal yang layak bagi generasi berikut,” tambahnya.

Lebih jauh Syukur menjelaskan, di bidang pendidikan, SML akan terus mengoperasikan Rumah Pintar BSD City, sebagai  sentra  mengembangkan pendidikan non-formal, pemberdayaan ekonomi, dan pelestarian budaya lokal. Ada pula Program Bantuan Pendidikan berupa beasiswa bagi anak-anak sekolah di sekitar proyek pengembangan SML. 

Masih di bidang pendidikan, SML memiliki agenda rutin berupa Festival Pendidikan yaitu pemberian bantuan dana pendidikan bagi pelajar berprestasi di sekitar proyek SML. Selain itu, Festival Ramadhan yaitu aktivitas keagamaan di bidang pendidikan, seni dan budaya yang bernuansa islami serta santunan bagi anak-anak kurang mampu.

Sementara di bidang pengembangan komunitas, SML memiliki program Pelatihan dan Peningkatan Skill Komunitas, yang ditujukan bagi masyarakat sekitar proyek SML untuk mendapatkan keterampilan dan keahlian  guna mendukung kemandirian ekonomi.  

“SML juga setiap tahun melakukan Program Bedah Masjid dan Bedah Sekolah, yang membantu menambah fasilitas, pembangunan infrastruktur atau renovasi bangunan masjid dan sekolah  di sekitar proyek SML. Kami juga memberi bantuan dana  guna mendukung kegiatan ormas, LSM, dan komunitas di sekitar proyek SML, termasuk memberikan sumbangan hewan kurban setiap menjelang Hari Raya Idul Adha,” ujar Syukur.  

Setiap tahun, SML juga mendukung  pelaksanaan Peringatan Peristiwa Lengkong (Peristiwa gugurnya Daan Mogot dan sejumlah siswa Akmil Tangerang) yang diselenggarakan oleh Yayasan 25 Januari. Kegiatan ini dilaksanakan di Monumen Lengkong, Lengkong Wetan, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan setiap awal tahun.

Di bidang lingkungan, SML memiliki program Festival Hijau, yang berisi kegiatan perusahaan dalam mengkampanyekan, menginisiasi, melatih, membina, gerakan moral, penghargaan, dan promosi, terhadap semua  aspek lingkungan hidup. Kegiatan ini  melibatkan pemda setempat, komunitas, ormas, dan seluruh komponen  masyarakat. Dilaksanakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup  Dunia setiap Juni

Kemudian kegiatan Bulan Menanam berupa penghijauan di lingkungan internal dan eksternal proyek. Pelaksanaan disesuaikan dengan kegiatan lokal dan nasional yang menyangkut penghijauan dan pada saat memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia, Bulan Menanam Nasional dan Hari Pohon se-Dunia.

Adapula Program Komposting yang berupaya mengajak masyarakat  mengelola sampah organik menjadi kompos yang sekaligus bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pupuk alami di kawasan sekitar tempat tinggal.

Kegiatan CSR SML di tahun 2016 diganjar sejumlah penghargaan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah  penganugerahan Investment Awards 2016 dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan atas kinerja SML yang dinilai mampu menjalankan program CSR terbaik di bidang sosial. 

SML pun dianggap telah  melakukan aplikasi nyata terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan yang selaras dengan program pemerintah dan arah kebijakan Forum CSR Kota Tangerang Selatan. Penganugerahan Investment Award 2016 diselenggarakan di Hotel Mercure Alam Sutera, Tangerang Selatan, Rabu (25/11).

Investment Awards 2016 merupakan penghargaan ketiga kalinya diterima SML secara berturut-turut. Sebelumnya pada 2014 dan 2015, SML menerima penghargaan yang sama. 

Selain penghargaan tersebut, SML juga  berhasil meraih penghargaan  “Special Recognition in CSR”, dalam ajang Indonesia Property Awards 2016, yang diselenggarakan pada Oktober 2016.  Penghargaan ini diberikan karena  komitmen kuat Sinar Mas Land dalam melakukan berbagai kegiatan sosial yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan  kualitas hidup di Indonesia

 

Penulis : Danang Joko Murdono

Editor : Danang J Murdono (danangjm@netralitas.com)

BERITA TERKAIT

Komentar