Survei: Mayoritas Tiket Pesawat Dipesan 3 Hari Sebelum Terbang

Smartphone (Foto : internet)

JAKARTA (netralitas.com) -  Menyambut libur akhir tahun 2016, pegipegi salah satu Online Travel Agent yang melayani pemesanan hotel, tiket pesawat dan tiket kereta, melakukan riset untuk mengetahui tren pemesanan tiket pesawat.  Berdasarkan data internal pegipegi, terjadi peningkatan pemesanan tiket pesawat melalui smartphone. Hal ini terlihat pada data transaksi tiket pesawat sepanjang tahun 2016 yang meningkat sebesar 39.08% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tren ini diprediksi akan terus naik, mencapai 11.71% pada tahun 2017.

"Dari data booking tersebut dapat diketahui bahwa Android menjadi aplikasi favorit para traveler untuk melakukan pencarian dan pemesanan tiket pesawat," sebut Deputy CEO pegipegi, Ryan Kartawidjaja, Kamis (27/10).

Ryan menyebutkan, konsumen menggunakan smartphone 64.37%, lalu mobile web (26.32%) dan aplikasi iOS (9.31%). Popularitas pemesanan tiket pesawat melalui smartphone juga didukung meningkatnya jumlah aplikasi mobile pegipegi yang diunduh hingga menembus 73.68%, sejak diluncurkan pertama kali pada akhir Juli 2015 lalu. Penggunaan aplikasi mobile ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya tren traveling masyarakat Indonesia.

Selain itu, pada umumnya untuk mendapatkan harga tiket pesawat termurah membutuhkan waktu pemesanan setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan, dan pengguna pesawat terbang juga suka cara dadakan. Hal ini didukung data booking yang menunjukkan bahwa dari total pemesanan tiket pesawat di pegipegi, 40.80% di antaranya lebih suka memesan pada tiga hari hingga pada hari H keberangkatan.

"11.32% pengguna pegipegi melakukan booking untuk keberangkatan 1-3 bulan ke depan," pungkasnya.

pegipegi adalah perusahaan online travel agent di Indonesia yang melayani pemesanan hotel, tiket pesawat dan tiket kereta, diresmikan pada 7 Mei 2012 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat itu, Marie Elka Pangestu. Dengan dukungan dari Recruit Holdings, perusahaan di Jepang dengan pengalaman mengelola Jalan.net, dan Altavindo, menjadikan pegipegi layanan pemesanan travel online yang cepat, mudah, dan berkualitas.

 

Penulis : Murizal

BERITA TERKAIT

Komentar