iPhone 8 Pakai Rangka Baja

Konsep iPhone 8 (Foto : Dok/Ist)

JAKARTA (netralitas.com) – Konsep ponsel terbaru Apple sudah bocor di internet. iPhone 8, yang akan meluncur tahun ini, tidak lagi menggunakan konstruksi unibody seperti generasi pendahulunya.

Kali ini, Apple membuat selubung depan dan belakangnay dari bahan kaca, dengan rangka dari baja tahan karat (stainless steel). Informasi ini didapat dari “sumber-sumber di jaringan pemasok komponen”.

Baja tahan karat pernah digunakan sebagai rangka iPhone 4. Kebetulan, dua perusahaan yang membuat rangka ini juga yang akan membuatnya untuk iPhone 8.

Perusahaan yang dimaksud adalah Foxconn dan Jabil. Mereka akan menggunakan proses penempaan baja tahan karat untuk rangka ponsel baru. Kedua perusahaan itu membagi pesanan dari Apple tersebut dengan porsi yang tidak diumumkan.

Buat Apple, penggunakan kembali rangka baja ini menguntungkan. Proses pembuatannya lebih murah sekitar 30-50% dibanding pembuatan selubung unibody yang terbuat dari aluminium. Keuntungan lain, pengawasan mutu untuk pembuatan rangka baja tahan karat juga lebih stabil.

Penghematan itu kabarnya akan dialihkan ke pembuatan layar AMOLED lengkung oleh Samsung. Biaya pembuatan layar jenis ini lebih mahal ketimbang LCD biasa.

Ada tiga perusahaan yang akan merakit iPhone terbaru ini yaitu Foxconn, Pegatron, dan Wistron.

Baca juga: iPhone Terbaru akan Pakai Dual Kamera Vertikal

 

Penulis : Henri Loedji

BERITA TERKAIT

Komentar