Istri Sakit Jiwa, Keluarga Larang Ke RS Jiwa

(Foto : Ist)

PONTIANAK (Netralitas.com) -Bupati Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, Hildi Hamid membenarkan, ada warga bernama Solbiah, tinggal di Dusun Selimau, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, tak diijinkan keluarganya berobat ke Rumah Sakit Jiwa di Singkawang.

“Padahal di Singkawang itu rumah sakit khusus bagi penderita sakit jiwa. Untuk berobat di sana, semua dana ditanggung Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kayong Utara,” kata Hildi Hamid, Selasa (10/5).

Menurut Hildi, suami Solbiah bernama Jamen, telah mengurus dokumen keberangkatan istrinya ke Rumah Sakit Jiwa Singkawang, karena memang berasal dari keluarga kurang mampu.

Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kayong Utara, bersedia membantu seluruh tahapan administrasi bagi pasien kurang mampu, khususnya soal pernyataan lengkap dari dokter, desa, dan kecamatan.

Dikatakan Hildi Hamid, pihak keluarga beralasan, Solbiah masih mampu berobat secara tradisional, sehingga tidak perlu dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Singkawang.

Jamen, suami Solbiah, membenarkan hal itu. “Saya berterimakasih kepada Bupati Kayong Utara dan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kayong Utara yang telah membantu seluruh tahapan administrasi yang dibutuhkan,” kata Jamen.

Jamen menuturkan, masih harus ada pembicaraan, agar keluarga besar istrinya mengijinkan Solbiah dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Singkawang, karena kesehatannya semakin tidak stabil.

Dikatakan Jamen, istrinya dalam beberapa bulan terakhir, terpaksa dikurung di kamar, karena aktivitas kesehariannya sering tidak terkendali, bahkan bisa membahayakan keselamatan warga sekitar.

“Saking sayang sama istri, saya rela membawa Solbiah ke Rumah Sakit Jiwa di Singkawang, agar segera sembuh. Sehingga bisa melakukan aktivitas kembali,” ungkap Jamen.

Diungkapkan Jamen, ada kesan pihak keluarga istrinya merasa malu jika Solbiah berobat ke rumah sakit jiwa di Singkawang. Padahal berobat ke rumah sakit jiwa, merupakan  upaya mutlak agar segera sembuh.

Penulis : Aju/Sht

Editor : Syarif Hidayatullah (eshate@netralitas.com)

BERITA TERKAIT

Komentar