Loeb Gusur Peterhansel

Pereli Peugeot asal Prancis, Sebastien Loeb (kanan), memperbaiki mobilnya pada etape kedelapan Reli Dakar dari Uyuni di Bolivia ke Salta di Argentina, Selasa (10/1). (Foto : Dok/Ist)

JAKARTA (netralitas.com) – Sebastien Loeb melaju untuk memenangi etape kedelapan Reli Dakar, Selasa (10/1). Kemenangan ini mendongkraknya ke puncak klasemen kategori mobil, menggeser Stephane Peterhansel.

Meski mobilnya sempat mengalami kerusakan, pereli Peugeout asal Prancis itu bisa membukukan waktu tercepat dengan 4 jam 11 menit 2 detik dalam lomba dari Uyuni di Bolivia ke Salta di Argentina. Jalur lomba diperpendek menjadi 417 kilometer karena cuaca buruk di Bolivia.

Loeb unggul 3 menit 35 detik atas Peterhansel, rekan satu tim sekaligus kompatriotnya. Di klasemen mobil, Loeb memimpin dengan keunggulan 1 menit 38 detik di depan sang juara bertahan.

“Di jalur tanah dia lebih cepat dari saya. Tapi di jalan raya, saya mengalahkan dia,” kata Loeb seperti dikutip AFP.

“Perlombaan amat ketat. Saya yakin persaingan akan terus ketat hingga akhir,” ujarnya.

Pereli Spanyol, Joan Barreda, meraih kemenangan kedua di kategori motor. Dia berhasil mengatasi medan berlumpur yang terbentuk karena hujan deras.

Pengendara Honda itu menyelesaikan etape kedelapan dalam waktu 4 jam 29 menit 21 detik. Dia berada di depan dua pereli KTM, Matthias Walkner (Austria) dan Sam Sunderland (Inggris).

Sunderland masih memuncaki klasemen motor dengan keunggulan 20 menit 58 detik atas peringkat dua pereli Husqvarna asal Cile, Pablo Quintanilla.

Barreda juga memenangi etape ketiga, pekan lalu. Tapi dia tergusur dari peringkat satu klasemen motor setelah dihukum penambahan waktu satu jam karena mengisi bahan bakar bukan di tempat yang ditentukan.

Baca juga: Peterhansel Terus Pimpin Reli Dakar

 

Penulis : Henri Loedji

BERITA TERKAIT

Komentar