Menpora di Bandung: Kompetisi Sepak Bola Tingkat Desa Bakal Digelar

Menpora saat membuka Kongres PSSI di Hotel Aryaduta Bandung (Foto : netralitas.com/irfan miswari)

BANDUNG (netralitas.com) - Menpora RI  Imam Nahrawi  beserta Ketua Umum PSSI  Letjen TNI Edy Rahmayadi pasca kongres PSSI pertama di Bandung berkomitmen melahirkan atlet sepak bola nasional mulai dari tingkat desa.

Imam mengatakan, pemerintah melalui kementerian yang dipimpinnya tidak akan membiarkan PSSI sendiri dan akan membantu PSSI sekuat tenaga. Dia berkomitmen untuk terus mendorong dan memfasilitasi PSSI, baik melalui anggaran maupun kompetisi untuk melahirkan atlet sepak bola berprestasi di kancah sepak bola dunia.

Pemerintah juga sangat menyambut baik keinginan masyarakat sepak bola Indonesia agar kompetisi bisa berjalan dengan profesional, serta klub bisa berjalan secara mandiri. Pada kesempatan ini, Imam pun menekankan pentingnya pembinaan atlet dan kompetisi sejak usia dini. Pemerintah pun berniat menyelenggarakan turnamen sepak bola mulai dari tingkat desa.

“Kami juga akan terus mendorong agar festival, turnamen, maupun kompetisi di usia dini menjadi concern kita semua. Di tahun angaran 2017 kami kembali mendorong lahirnya gala desa-waktu itu masih ada namanya liga desa, kita dorong gala desa. Bagaimana di setiap desa nanti ada kompetisi di bawah umur dengan bantuan asprov atau askab nanti untuk dilakukan kompetisi di level desa, agar seluruh anak desa betul-betul terfasilitasi dengan baik,” ujar Imam.

Rencana Menpora tersebut disambut baik oleh para pelaku Sekolah Sepak Bola (SSB) yang banyak tersebar di Bandung Raya. Salah salah satunya adalah  SSB Bionsa Di Desa Nagrog Kec. Cicalengka, Kab. Bandung. Ketua Umum SSB Bionsa H. Dandan Hermawan mengungkapkan kepada netralitas.com bahwa hal ini akan membuat para pengelola SSB lebih serius mengembangkan pembinaan sepak bola untuk anak-anak di daerahnya.

SSB Bionsa merupakan salah satu SSB yang berprestasi di Jawa Barat. Sebanyak 14 kejuaraan sudah diraihnya sejak tahun 2015, diantaranya, juara I piala Bupati Kab.bandung, Lokomotif cup, piala Bupati Bandung Barat, juara ketiga piala Walikota Bandung, juara kedua di Unpad, juara kedua Bupati Purwakarta, dan terakhir juara I nasional di Bogor. ”Bionsa mampu mengalahkan tim dari SSB besar di seluruh indonesia,” ungkapnya. 

 

Penulis : Irfan Miswari

Editor : Danang J Murdono (danangjm@netralitas.com)

BERITA TERKAIT

Komentar